Khasiat Bawang Putih

bawang-putihPemanfaatan khasiat bawang putih tidak hanya popular pada masa kini, tetapi sudah berlangsung sejak dimulainya peradaban manusia. Hipocrates mengungkapkan bahwa pada zaman Babilonia dan Yunani,  bawang putih biasa dipakai sebagai obat perangsang (prespiran) untuk menyembuhkan sembelit dan pelancaran air seni.  Dalam catatan sejarah Mesir kuno, bawang putih mempunyai andil besar dalam pembangunan salah satu keajaiban dunia, yakni piramida-piramida besar. Pada saat itu, makanan para pekerja yang dipekerjakan untuk membangun piramida itu ialah bawang putih dalam jumlah besar. Mereka yakin bawang putih bisa menangkal penyakit dan member daya tahan tubuh yang kuat. Sementara itu, pada saat Perang Dunia ke-2 , berton-ton bawang putih di konsumsi oleh para prajurit  yang bertempur. Tujuannya untuk meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh mereka terhadap berbagai jenis penyakit.

Pengobatan tradisonal Cina dengan menggunakan tumbuh-tumbuhan, dan termasuk memanfaatkan khasiat bawang putih. Kelebihan pengobatan Cina adalah tidak hanya menyembuhkan bagian tubuh yang sakit, tetapi juga mengobati seluruh bagian tubuh dan meningkatkan kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan  bahan-bahan yan dipakai merupakan bahan-bahan alami yang bergizi bagi tubuh.

Meskipun memiliki efek menyembuhkan, ada hal yang tidak disenangi dalam mengonsumsi bawang putih, terutama jika dalam jumlah banyak. Efek tersebut yakni bau badan dan bau mulut yang menyengat. Bau badan ini disebabkann bawang putih yang terserap lewat aliran darah dikeluarkan sebagai keringat melalui kulit tubuh. Sementara itu, bau mulut disebabkan sisa bawang putih di sela-sela gigi yang tertinggal. Ada suatu siasat agar mulut tidak mengeluarkan bau setelah mengonsumsi bawang putih, yaitu dengan memakan buah limau.

Seperti keluarga bawang-bawangan lainnya, bawang putih juga merangsang keluarnya air mata saat dikupas, walaupun tidak sedahsyat bawang merah. Efek tersebut akan terasa jika sedang mengupas atau mengiris bawang putih dalam jumlah besar. Hal ini disebabkan adanya  zat propanthial soxide yang dihasilkan oleh enzim lactrymatory factor synthase yang terdapat di lapisan umbi yang berwarna kuning. Biasanya, untuk mengatasinya dilakukan dengan menggunakan kacamata, menyalakan lilin dan memasaknya dengan kentang. Jika dimasak dengan kentang, aroma khas bawang putih berkurang. Cara yang lebih efektif tanpa mengurangi rasa khasnya  adalah dengan meletakkan bawang putih di dalam freezer selama 5-10 menit sebelum dipotong.

Sementara itu, kehebatan  khasiat bawang putih sebagai obat di duga karena kombinasi dua senyawa yang ada didalamnya, yakni alisin dan scordinin. Alisin berfungsi sebagai antibiotic alami yang sanggup membasmi berbagai macam dan bentuk mikroba. Scordinin memiliki kemampuan meningkatkan data tahan  tubuh dan pertumbuhan. Potensi bawang putih akan sedikit berkurang jika bawang putih dimasak atau digoreng. Dengan demikian, pendapat yang menyatakan bahwa khasiat bawang putih akan hilang jika dipanaskan kurang tepat. Alisin tidak akan hilang, ia hanya tidak tahan terhadap panas. Demikian pula dengan enzim alinase yang ada dalam bawang putih tidak seluruhnya rusak.


=====================================

>>> Jual Kapsul Garlic (Kapsul Bawang Putih), Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Bawah Putih and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>